Banner-Top
Banner-Top

Pelaku Wisata Jagokan Maria Geong di Pilkada Mabar

Getrudis Nau. Foto/Tim.
Getrudis Nau. Foto/Tim.

LABUAN BAJO, POSFLORES.COMSektor pariwisata punya pranan yang sangat penting dalam perekonomian di Kabupaten Manggarai Barat. Perhitungan valuasi ekonomi Labuan Bajo mencapai 2,3 triliun. Hanya saja pada tahun 2019 pendapatan daerah dari sektor pariwisata baru mencapai 34,7 miliar.

“Hampir semua lapisan masyarakat merasakan dampak dari paraiwisata. Multiplier effect-nya sangat luas. Bukan saja pengusaha restoran, transportasi dan hotel saja. Perajin,pedagang asongan dan petani pun terkena dampaknya,” kata Getrudis Nau, Pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Senin (09/11/2020).

Untuk itu menurutnya dalam menangani sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus sosok yang benar-benar tepat.

“Sektor pariwisata harus ditangani oleh orang yang berpengalaman dan tidak boleh sembarang orang. Karena ini menyangkut hajat hidup masyarakat luas,”  kata Getrudis.

Menurut Getrudis, kemampuan itu ia lihat dalam diri seorang Maria Geong yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat.

“Menurut saya, Maria Geong adalah sosok yang tepat untuk menjadi Bupati Mabar. Beliau cuku berpengalaman ketika menjadi Wakil Bupati Mabar selama lima taun. Dari semua pengalamannya selama ini menjadikan Maria mumpuni menjaga sektor pariwisata yang tentunya akan mensejahterakan masyarakat Mabar,” jelasnya.

Tidak hanya sebatas pengalaman saja. Menurutnya, rekam jejak yang bersih dan jaringan yang luas tentunya menjadi penentu untuk membuat lompatan yang besar pada pariwisata Manggarai Barat.

“Jaringan yang luas, profesionalisme dan pengalaman, semua itu ada dalam sosok seorang Maria Geong. Untuk bangkit menjadi kekuatan ekonomi utama saya kira pariwisata membutuhkan sosok sepertinya,” terangnya.

Dirinya memaparkan, Maria Geong adalah sosok yang punya kedekatan dengan para pelaku pariwisata. Ini tentunya akan menciptakan komunikasi yang efektif.

“Dia sangat kompeten dan sudah dikenal para pelaku pariwisata. Jika jadi Bupati, tentunya diterima positif, ditambah lagi sepak terjangnya yang tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya

Wanita kelahiran Kecamatan Mbeling ini coba membuat perbandingan . Jika dilihat dari potensi yang dimiliki, Mabar punya potensi yang cukup besar, tetapi pertumbuhan pariwisatanya relatif lambat.

“Sangat diperlukan membuat gebrakan baru yang bisa mengangkat pariwisata kita ke arah yang lebih tinggi. Hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya jaringan serta berpengalaman seperti Maria Geong,” ungkapnya. (Tim)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top