oleh

Pemda Manggarai Timur gelar Sosialisasi bahaya Covid-19 kepada Masyarakat

BORONG, POSFLORES.COMPemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Kesehatan, lakukan sosialisasi tentang bahaya penyebaran virus corona kepada masyarakat. Senin, 23 Maret 2020.

Kegiatan tersebut melibatkan beberapa lembaga, di antaranya; Dinas Informasi dan Komunikasi, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Polpp, TNI dan Polri.

Kegiatan sosialisasi bahaya Covid-19 dimulai di depan Mapolres Manggarai Timur di Borong. Setelah itu, tim sosialisasi bergerak ke Terminal Borong dan seterusnya mengelilingi wilayah Kota Borong dan sekitarnya.

Camat Borong, Mari A. Gagu, yang turut serta dalam kegiatan tersebut, kepada posflores.com mengatakan bahwa, kegiatan tersebut untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya Covid-19.

“Kita memberikan sosialisai kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19. Karena virus ini sangat mematikan dan sudah banyak makan korban jiwa. Memang ada warga yang bandel dan tidak mengindahkan himbauan kita. Namun kita tetap memberikan penyadaran agar masyarakat selalu jaga jarak dan karantina diri di rumah hingga virus ini hilang,” kata Ani.

TNI-Polri saat sosialisasi bahaya Covid-19 di Matim. Foto/Yon Sahaja.

Sementara itu, Kasat Polpp Kabupaten Manggarai Timur, Yohanes Syukur, kepada posflores.com menjelaskan tentang bahaya covid-19 bagi kesehatan.

“Saya ingin masyarakat Matim patuh terhadap himbauan pemerintah. Jangan anggap enteng dengan virus ini. Sudah banyak korban meninggal tiap hari. Kurung diri di rumah selama 14 hari, jangan buat kerumunan. Sayangi diri dan keluarga kita,” jelas Yohanes.

Untuk diketahui, wabah virus corona sudah menyebar ke berbagai pelosok tanah air. Tingkat penyebebarannya sangat cepat dan masif. Untuk Kabupaten Manggarai Timur belum ada laporan tentang orang yang positif terjangkit virus ini. Namun ada satu orang dalam pemantauan petugas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur saat ini.

Seperti diketahui, ciri-ciri jika terjangkit Covid-19 adalah seperti flu biasa. Namun, dengan cepat bila tidak cepat ditangani maka nyawa jadi taruhannya. Berikut ciri-ciri dan gejala bila terserang Covid-19;

Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius
Batuk kering
Lemas
Sakit tenggorokan
Sesak atau kesulitan bernapas
Sakit kepala

Masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya.

Jika Anda memiliki gejala seperti yang tercantum di atas dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda. [YS]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

News Feed