Banner-Top
Banner-Top

Pemda Matim kembali Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Wabup Matim, Jaghur Stefanus melantik pejabat pimpinan tinggi pratama lingkupn Pemda Matim. Foto/MD.
Wabup Matim, Jaghur Stefanus melantik pejabat pimpinan tinggi pratama lingkupn Pemda Matim. Foto/MD.

BORONG, POSFLORES. COM–Bupati Manggarai Timur melalui Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus, melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama pejabat administrator dan pejabat pengawas lingkup Pemda Matim tahun 2020. Pelantikan ini berlangsung di ruang rapat lantai dua kantor Bupati, Rabu, 4 Maret 2020.

Saat pelantikan, Jaghur Stefanus menjelaskan bahwa, kegiatan pelantikan dan mutasi pejabat disetiap Instansi Pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai sekaligus untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

Pelantikan ini hendaknya dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” jelas Jaghur.

Jaghur menjelaskan tentang pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal. Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara. Menurutnya, setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan dapat menjadi roda penggerak organisasi.

Hari ini kita telah menyaksikan secara bersama pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas. Perlu saya informasikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama hari ini berdasarkan atas hasil rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang tertuang dalam Surat Nomor: B-4088/KASN/11/2019, tanggal 28 November 2019, perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur,” jelas Jaghur.

Kata wabub Jaghur, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah, tidak menghilangkan esensi penting dari penetapan sebagai pejabat di instansi pemerintah daerah pertimbangan kualiflkasi. Kompetensi dan kinerja tetap merupakan dasar yang ditetapkan untuk mengangkat para pejabat menduduki jabatan.

Jaghur berharap, pelaksanan tugas pemerintahan ini tidak dilihat sebagai rutinitas semata-mata tetapi lebih jauh dilihat sebagai tanggung jawab sebagai aparatur sipil negara dan sekaligus pelayan masyarakat agar kesejahteraan dapat tercapai.

Hari ini bapak ibu dilantik untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan jabatan yang diamanahkan kepada saudara saudari adalah kepercayaan dan kehormatan, namun di sisi lain merupakan tantangan yang harus dihadapi,” kata Jaghur.

Dia menegaskan kepada seluruh pejabat yang dilantik untuk memperhatikan hal-hal berikut;
Pertama, segera lakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing, serta bangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif secara berjenjang, baik dengan pimpinan maupun dengan atasan.

Kedua, perlu sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam. Oleh karena itu, segera pelajari dan pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai berjalan secara cepat juga perlu tingkatkan motivasi dan semangat kerja, sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik.

Ketiga, untuk Pejabat yang baru dilantikt, hendaknya selalu mengayomi dan melindungi jabatan di bawahnya, terutama dalam memberikan arahan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Jabatan yang diemban bukanlah hak, tetapi kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan juga merupakan sebuah amanah yang kelak hams dipertanggungjawabkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Keempat, menciptakan suasana kerja yang kondusif dan pupuk kerja sama yang baik di antara pimpinan dan staf di lingkungan unit kerja.

Berikut nama-nama pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat  adminisyrator yang dilantik:

1.Drs. Aleksius Rahman dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bagian protokol dan komunikasi pimpinan sekretariat daerah kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai Staff ahli Bupati bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan Kabupaten Manggarai Timur.

2. Drs.Hilarius Jonta, M.Si dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bagian persidangan dan perundangan-undangan sekretariat DPRD kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai Staff ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia kabupaten Manggarai Timur.

3. Thobias Suman,S.H dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bagian hukum sekretariat daerah kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala dinas Pertanahan kabupaten Manggarai Timur.

4. Maria Trivonia Surya Sini, M.Hum dari jabatan sebelumnya sebagai kepala bidang Penyelesaian masalah tanah dinas Pertanahan kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bagian hukum sekretariat daerah kabupaten Manggarai Timur.

5. Fidelis Sikun Sumarno, dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bagian fasilitas penganggaran dan Pengawasan DPRD kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bagian persidangan dan perundangan-undangan sekretariat DPRD Kabupaten Manggarai Timur.

6. Flavianus Seten, ST.MT, dari Jabatan sebelumnya sebagai sekretaris dinas perhubungan Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bagian fasilitas penganggaran dan Pengawasan DPRD kabupaten Manggarai Timur.

7. Drs. Yohanes Vitalis Jelahut, dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bidang pengawasan, pengendalian pencemaran lingkungan, pengaduan dan penyelesaian sengketa masyarakat dinas lingkungan hidup kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai sekretaris dinas perhubungan DPRD kabupaten Manggarai Timur.

8. Pilipus Ino Sopek Lampur, A.Md.Kep dari jabatan sebelumnya sebagai sekretaris dinas kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai sekretaris Satuan Polisi Pamong praja kabupaten Manggarai Timur.

9. Petrus Subin,SKM dari jabatan sebelumnya sebagai sekretaris dinas pengendalian penduduk keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai sekretaris dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

10. Petrus Gong, SKM, dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala bidang pelayanan kesehatan dinas kabupaten Manggarai Timur dilantik ke jabatan baru sebagai sekretaris dinas pengendalian penduduk keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Manggarai Timur.

11. Benediktus Fir, SH, dari jabatan sebelumnya sebagai kepala sub bagian kepegawaian dan umum Sekretaris dinas pendidikan, pemuda dan olah raga kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang keluarga berencana dinas pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Manggarai Timur.

12. Wesa Woda Ignasius, SST dari Jabatan sebelumnya sebagai kepala bidang cipta karya dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang pengawasan, pengendalian pencemaran lingkungan, pengaduan dan penyelesaian sengketa masyarakat dinas lingkungan hidup Kabupaten Manggarai Timur.

13. Titus Domus, dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala seksi pelayanan kesehatan rujukan dan khusus bidang pelayanan kesehatan dinas kesehatan kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang pelayanan kesehatan dinas kesehatan Kabupaten Manggarai Timur.

14. Laurentius Yustinianus Ivanombula, dari jabatan sebelumnya sebagai kepala bidang tata ruang dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang cipta karya dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat Manggarai Timur.

15. Donatus Adu Ralun, dari jabatan sebelumnya kepala seksi rehabilitasi bidang rehabilitasi dan rekonstruksi badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang tata ruang dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat Kabupaten Manggarai Timur.

16. Fransiskus Gony Cadur, MH, dari jabatan sebelumnya sebagai kepala sub bagian bantuan hukum sekretariat daerah Kabupaten Manggarai Timur, dilantik ke jabatan baru sebagai kepala bidang Penyelesaian permasalahan tanah dinas Pertanahan kabupaten Manggarai Timur. [YS]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top