Pemdes Bangka Kantar Bagikan BLT dengan Cara Khusus

Kades Bangka Kantar saat bagikan BLT. Foto/Wil.

BORONG, POSFLORES.COMDemi menghindari kerumunan massa, Kepala Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Silverius Rawan, mengunjungi rumah pengurus RT untuk membagikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga penerima di desa tersebut yang berjumlah 197 sasaran.

Kepala Desa Silverius, kepada posflores.com, Jumat, 22 Mei 2020 mengatakan, cara tersebut dilakuan untuk menghindari penumpukan massa dalam jumlah yang banyak. Dikatakannya, warga penerima bantuan yang terdiri dari satu dusun harus menunggu di rumah pengurus RT untuk menerima BLT.

“Kita memang mau bagikan dana BLT untuk 197 kk di Kantor Desa. Namun, jika hal itu dilakukan, sudah pasti terjadi kerumunan massa dalam jumlah yang banyak. Hal itu yang harus kita hindarkan. Pemerintah Desa punya cara khusus untuk mengatasi penumpukan massa yakni dengan mendatangi warga yang sudah berkumpul di rumah pengurus RT. Supaya lebih bagus dan terarah,” jelas Rawan.

Menurut Rawan, pembagian BLT dilakukan untukĀ  tiga bulan terhitung mulai bulan April hingga bulan Juni. Namun saat ini kata Rawan, pihaknya hanya membagikan dana BLT tersebut untuk bulan pertama atau bulan April.

“Pembagian BLT secara keseluruhan untuk tiga bulan, yaitu bulan April, Mei dan Juni. Sekarang kita hanya bagikan untuk bulan April. Setiap kk sasaran penerima, akan mendapatkan dana senilai Rp. 600.000. Besok kita lanjut untuk satu dusun lagi hingga selesai pembagian. Dan untuk dua bulan lain akan dibagikan pada tahap selanjutnya,” kata Rawan.

Disebutkan Silverius, dana BLT tersebut bersumber dari dana desa yang seharusnya digunakan untuk pengerjaan fisik di desa. Menurutnya, dana yang digelontorkan untuk BLT tersebut senilai Rp. 354.600.000.

“Sekarang sudah dapat BLT, suatu saat nanti masyarakat jangan tanya lagi, kenapa proses pengerjaan jalan telford ini atau lainnya tidak dikerjakan. Karena sejujurnya kita ambil dana dari pembangunan itu, sehingga hari ini masyarakat menikmati BLT,” kata Silverius Rawan.

Dikatakan Rawan, untuk masyarakat yang belum mendapatkan BLT karena alasan belum ada KTP atau Kartu Keluarga, pihaknya sebagai pemerintah akan mengambil langkah untuk mendata kembali masyarakat dan mengusulkan ke tingkat atas dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur.

Kepada penerima BLT, Rawan berharap, agar uang yang diterima tersebut jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak penting. Dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun desa dengan berbagai cara.

Pantauan posflores.com, warga yang menerima BLT, dilengkapi dengan masker. Kegiatan tersebut dihadiri pendamping desa tingkat kecamatan, Fransiskus Gas, Babinsa Bangka Kantar Gasperi Jaik dan pihak Kepolisian dari Polsek Borong. [Wil Susu]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0