Pengacara Muda ini Soroti Kinerja Disnakertrans Manggarai Timur

0
1.893 views
Ardi Gandung. Foto/Ardi.

JAKARTA, POSFLORES.COMArdi Gandung, Pengacara muda yang berkantor di Jakarta mempertanyakan sikap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Manggarai Timur terkait laporan pekerja jaringan listrik di Desa Lidi yang tidak dibayar sisa upah oleh PT. Santrinitas Teknik Utama.

“Saya mempertanyakan sikap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Manggarai Timur, yang sampai saat ini belum ada kepastian penyelesaian permasalahan upah pekerja saudara Adolfus AS dan kawan-kawannya. Padahal mereka telah melaporkan secara tertulis pada tanggal 15 Oktober 2020,” jelas Ardi melalui pesan whatsaap (24/10).

Menurut Ardi, pihaknya terus mengikuti perkembangan permasalahan antara pekerja dan PT. Santrinitas Teknik Utama melalui beberapa media online lokal.

Dalam pemberitaan media, pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) hanya memberikan pernyataan-pernyataan tanpa ada kepastian kapan waktu penyelesaian persolan tersebut.

“Seharusnya dinas terkait jangan bertele-tele mengambil langkah konkrit dengan memanggil dan mempertemukan kedua belah pihak untuk dilakukan mediasi agar ada kepastian terkait pelaksanaan hak dan kewajiban kedua belah pihak,” papar Ardi.

Ardi yang juga termasuk anggota himpunan Pengacara anggota Perhimpunan Advokad Indonesia (PERADI) itu mengatakan bahwa, undang-undang Nomor 2 tahun 2014 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial (PPHI), Jo Permenakertrans Nomor 17 tahun 2014.

“Di situ dijelaskan bahwa Negara dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manggarai Timur harus dapat menjalankan tugas dan kewajiban dalam menyelesaikan masalah tersebut paling lambat 30 hari sejak tanggal pengaduan atau laporan dari saudara Adolfus As kawan-kawannya,” ujar Ardi.

Ardi berharap, persoalan tersebut bisa diselesaikan melalui Tripartit dengan mediasi pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manggarai Timur dapat mencapai kesepakatan antara pekerja dan perusahaan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (Tim)

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0