Banner-Top
Banner-Top

Pengelolaan Dana Desa di Desa Rengkam diduga tidak Transparan

Kondisi pembangunan di Desa Rengkam yang dinilai tidak transparan. Foto/Nardi Jaya.
Kondisi pembangunan di Desa Rengkam yang dinilai tidak transparan. Foto/Nardi Jaya.

BORONG, POSFLORES.COMLaporan pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Rengkam, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur, diduga fiktif dan sistem pembangunannya tidak transparan. Hal tersebut diperkuat ketika posflores.com melakukan penelusuran di Desa tersebut pada hari Kamis, (5/3/2020).

Posflores.com berusaha menghubungi Kepala Desa Rengkam, Fransiskus Yunsun, melalui sambungan telepon, namun sampai saat ini, nomor telepon yang bersangkutan tidak aktif.

Informasi yang didapat posflores.com, dari seorang aparatur Desa Rengkam menjelaskan jika Kades Rengkam keberadaannya tidak tetap.

“Kepala desanya tidak tetap tinggalnya pak. Kadang di Kampung Narang, Kabupaten Manggarai kadang juga di Ruteng, dan juga di Borong, Manggarai Timur. Pak Kades berada di Desa, paling hanya beberapa bulan saja,” kata dia, Senin (9/3/2020).

Aparatur yang menjabat sebagai Bendahara Desa Rengkam tersebut membenarkan jika sejak Tahun 2015, Desa Rengkam tidak memiliki Kantor desa. Dengan alasan tersebut, dirinya memilih bekerja sampingan sebagai sopir.

Saya sedang berada di Bea Laing ini pak. Saya sekarang bekerja sebagai sopir, karena kantor desa tidak ada. Bagaimana mau masuk kantor. Kantornya kan tidak ada,” kata dia.

Terkait pelayanan masyarakat di Desa, dirinya menerangkan bahwa tunggu ada panggilan dari pak kades.

Paling kalau nanti kades panggil baru saya pergi ke rumahnya. Itupun saya ini kerja rangkap jabatan pak. Saya ini bendahara, kaur keuangan dan rangkap jadi operator,” terangnya

Dirinya juga berharap media massa jangan terlalu menyerang soal pemberitaan di Desanya. Dia menyarankan untuk tetap berimbang dan sifatnya membangun.

Begini pak. Tolong media juga jangan selalu menyerang. tetapi kalau untuk membangun, saya dukung,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya diberitakan bahwa, seluruh proyek di Desa Rengkam, Kecamatan Poco Ranaka Timur, tidak pernah dipasang papan informasi publik atau papan tender, sejak tahun 2015. Selain itu, banyak laporan item proyek yang diduga fiktif tidak sesuai bukti fisik di lapangan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Manggarai Timur, Yoseph Durahi, kepada posflores.com mengatakan bahwa, dirinya berterimakasih karena telah memberikan informasi.

Terimakasih adik. Ini menjadi bahan untuk bisa kita panggil kadesnya, dan selanjutnya untuk kami uji petik di lapangan,” kata Yoseph beberapa waktu lalu. [Nardi Jaya]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top