Banner-Top
Banner-Top

Pernah Kontak dengan PDP, Tenaga Kesehatan di RSU St. Rafael Cancar lakukan Rapid Test

RSU St. Rafael Cancar. Foto/goalkes.
RSU St. Rafael Cancar. Foto/goalkes.

RUTENG, POSFLORES.COM--Sebanyak 40 orang petugas dan Tenaga Kesehatan (Nakes) di RS St. Rafael Cancar lakukan rapid tes. Hal tersebut dilakukan karena para Nakes pernah kontak erat dengan (RD) pasien dalam pemantauan (PDP) yang saat ini sedang di rawat di Ruang Isolasi RSUD Ben Mboi Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

Hal ini dibenarkan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa. Moa menjelaskan bahwa ke-40 orang petugas dan nakes yang pernah berkontak erat dengan PDP (RD), lakukan rapid test pada hari Minggu (10/5/2020).

Menurut Moa, pelaksanaan rapid test terhadap petugas dan nakes di RS St. Rafael Cancar, sedikit terganggu dikarenakan jumlah Alat Rapid Test (ART) yang tersedia sangat terbatas, yakni 28 ART.

Menurut Moa, kebutuhan alat rapid test seharusnya sesuai jumlah petugas dan Nakes yang akan dirapid test yaitu 40 orang.

"Dalam waktu dekat, akan dilakukan rapid test lagi terhadap 14 orang petugas dan nakes, sesuai jumlah ART yang masih tersisa 14 ART," kata Moa.

Dikatakan Moa, saat ini masih kekurangan 12 alat rapid test untuk lanjutkan pemeriksaan rapid test terhadap 12 orang petugas dan nakes yang belum mendapat digiliran.

"Meskipun demikian, lanjut Moa, ke-40 orang petugas dan nakes RS. St. Rafael Cancar yang pernah kontak erat dengan PDP tersebut, baik yang sudah dilakukan rapid test dan yang belum, tetap menjalankan isolasi secara mandiri 14 hari di Rumah Sakit dan di Rumah masing-masing." [Event Mardivanto]

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top