Pintu Tidak Dikunci, Sapi Liar “Bebas Masuk” TPA Mbo Lopi

Borong, Posflores.com-Pintu masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Mbo Lopi, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), tidak dikunci. Akibatnya, sejumlah sapi liar “bebas masuk” ke area tersebut.

“Paling hanya pagi hari saya lihat petugas buang sampah di sini. Setelah itu, pos jaga dibiarkan kosong. Pintu toilet juga dibiarkan terbuka begitu saja. Kadang kalau sepi, banyak sapi liar yang masuk ke lokasi,” aku Oskar Hemat salah seorang warga yang ditemui di lokasi tersebut.

Ia menduga, kerusakan fasilitas seperti kaca di pos penjaga, akibat tidak adanya  penjagaan yang ketat. Ia berharap, Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggarai Timur, segera mengambil tindakan.

Pantauan Posflores.com, Rabu (29/7/2020) pagi, tampak pintu gerbang TPA masih terbuka. Para penjaga juga tidak berada di lokasi.

Kaca di Pos Penjaga TPA Mbo Lopi Pecah

Terpisah, Kepala DLHD Matim, Donatus Datur, yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, menyampaikan, terima kasih, sudah memberikan informasi tersebut.

“Terima kasih informasinya. Di TPA Mbo Lopi, ada 5 orang yang bertugas untuk menjaga sarana-sarana yang ada. Mereka ditugaskan untuk mengelola sampah supaya tidak tercecer sembarangan,” kata Datur.

Mantan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan itu, mengatakan, ada pegawai yang ditugaskan untuk menjaga TPA tersebut sejak pagi hingga sore hari.

” Mereka bertugas dari pagi, pukul 07:00-pukul 16:00 Wita. Kalau mereka tidak masuk, itu menjadi perhatian kami karena rentang kendali cukup jauh Lehong dengan Mbo Lopi. Besok pagi saya akan panggil penanggung jawab dan setelah itu saya ambil langkah selanjutnya,” tegasnya. (man)

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

News Feed