Banner-Top
Banner-Top

Pius Rengka: Kerusakan Mangrove Di Matim Tidak Separah Yang Diberitakan

Lokasi pembangunan jalan lingakar luar kota Borong, yang dinilai.merusak mangrove. Foto/dinas PUPR Matim.
Lokasi pembangunan jalan lingakar luar kota Borong, yang dinilai.merusak mangrove. Foto/dinas PUPR Matim.

Oleh: Yon Sahaja

 

BORONG, POSFLORES.COMPembabatan hutan Mangrove di tepi Pantai Borong, Manggarai Timur, dinilai banyak pihak telah melanggar hukum. Hampir saban hari diberitakan tentang pengrusakan ini. Memang hal yang wajar demi mengkritisi cara kerja dan kebijakan Pemerintah daerah.

Namun, apakah pengrusakan tersebut memang sangat parah, dan tanpa ada tujuan yang jelas? Berikut ini tanggapan Komisioner Informasi Publik Propinsi Nusa Tenggara Timur, Pius Rengka. Kepada masyarakat umum di tepi Muara Wae Bobo, Borong, Manggarai Timur, Selasa 3 Desember 2019, Pius Rengka menyentil pemberitaan yang seoalah-olah kerusakan Mangrove sangat parah.

Pius Rengka menyayangkan pemberitaan media yang seoalah-olah kerusakan Mangrove sangat parah di Manggarai Timur, Flores, NTT. Dia menilai, berita-berita tersebut tidak mencerminkan fakta yang ada di lapangan.

Banyak sekali pertanyaan dalam pikiran saya sepenjang perjalanan. Saya melihat banyak hal baru. Banyak hal yang saya baca namun beda dengan apa yang saya lihat. Menulis adalah mendeskripsikan apa yang kita lihat dan kita dengar. Saat menulis, jangan memasukan rasa yang dimilik penulis. Kalau hal itu terjadi, sama artinya memperkosa tulisan itu sendiri,” jelas Rengka.

Ketua Komisi Informasi Publik NTT itu menjelaskan bahwa, apa yang dilihatnya tidak separah dengan apa yang diberitakan.

Hakikat pembangunan itu selalu bongkar membongkar, rusak merusak, seperti buat anak pasti ada yang robek. Begitu juga pembangunan, di balik semua itu tentu ada rencana baik dan mulia. Kita dukung jika memang untuk kebaikan dan kemajuan daerah ini. Kerusakan ini (mangrove) saya lihat tidak separah apa yang diberitakan,” ujar Rengka.(*)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top