Ming. Feb 23rd, 2020

Mengawal Nusa Tenggara Timur

PMI Matim Ikut Terlibat Pemeriksaan Golongan Darah Gratis Bagi Warga

3 min read

Petugas PMI sedang melakukan pemeriksaan darah.foto: Humaspro Matim.

BORONG, POS FLORES.com–Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manggarai Timur  melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi siswa siswi yang berada di kampung Rewe, Desa Satar Tesem, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Mnggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan pemeriksaan golongan darah gratis yang di lakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Matim itu melibatkan semua siswa siswi baik dari tingkat SD,SMP,dan SMA.

PMI menyediakan seluruh perlengkapan alat pemeriksaan golongan darah bagi para peserta yang datang memeriksa golongan darahnya.

karna ini menjadi tugas dari Palang Merah Indonesia. Mau tidak mau kami melakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah gratis ini secara rutin yaitu empat kali dalam sebulan ungkap Frumensius Hemat,S.Fil disela-sela kegiatan berlangsung. Selasa, (28/05/2019).

Frumensius menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjadi bagian dari kerja kemanusian Palang Merah Indonesia Kabupaten Manggarai Timur.

Palang Merah Indonesia (PMI) Matim, kata dia, selalu siap untuk melakukan kegiatan apabila diundang. Termasuk hari ini di Desa Satar Tesem berkat kerja sama pemerintah Kecamatan Poco Ranaka dan Wahana Visi Indonesia (WVI) mengundang kami untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Pada dasarnya ungkap Frumensius, PMI selalu siap sedia kapan saja diundang dan kami selalu siaga.

Kemudia, kata dia, untuk kegiatan hari ini PMI melakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah. Pemeriksaan golongan darah ini dilakukan oleh empat orang analis yakni, Rita Yulianti, Rifon Ngapal, Dionisius Kerjon, dan Petrus Hubit.

Frumensius menjelaskan, Koorps Relawan PMI yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak lima orang kemudian sama empat orang staf markas PMI.

Kata dia, yang bisa mengikuti kegiatan PMI hanya teman-teman korps relawan PMI yang pernah mengikuti diklat dasar PMI di tingkat Kabupaten.

“Kami dari Palang Merah Indonesia (PMI) sangat senang atas antusias warga masyarakat yang datang memeriksa golongan darah mereka. Dan, bagi yang belum mengetahui golongan darahnya dalam hal ini siswa siswi SD,SMP, SMA dan termasuk warga masyarakat masing-masing dari mereka memeriksa golongan darahnya kemudian meraka mendapatkan kartu golongan darahnya”.

Palang Merah Indonesia, lanjutnya, kalau melakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah setiap bulan kami lakukan kurang lebih empat kali. Hari ini kebetulan pemerintah Kecamatan Poco Ranaka lakukan pemeriksaan di Desa Satar Tesem.

Frumensius mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan golongan darah secara gratis ini kami betul-betul membantu pihak sekolah untuk pengisian data dapodik khususnya berkaitan dengan golongan darah siswa dan siswi.

Kalau di Borong, jelasnya, dari semua sokolah baik SD, SMP, dan SMA smuanya sudah dilaksanakan pemeriksaan golongan darah secara gratis. Sekarang kami fokus di luar kota Borong. Di Elar sudah hampir tiga empat kali adakan pemeriksaan golongan darah kemudian di Kecamatan Poco Ranaka sudah sering dilakukan hanya belum terjangkau ke beberapa titik desa yang lain karna kami juga harus menunggu kesiapan desa.

“Kalau desa bersangkutan sudah siap dan bersedia undang kami untuk melakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah maka kami akan melakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah di desa yang bersangkutan”.

Kata dia, palang Merah Idonesia (PMI) Manggarai Timur untuk daerah-daerah Poco Ranaka, Poco Ranaka Timur, Elar, dan Elar Selatan bekerja sama dengan Klinik A dan A Rachmat yang ketua yayasannya itu Ibu Theresia Wisang Agas.

Kegiatan kerja samanya ini kalau dari PMI melakukan kegiatan pemeriksaan golongam darah sedangkan dari klinik A dan A Rachmat melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan gigi sama seperti hari ini yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI).

Frumensius Berharap, berkaitan dengan kegiatan hari ini kami berharap warga masyarakat dalam hal ini siswa siswi yang mengikuti kegiatan pemeriksaan golongan darah menyimpan baik kartu golongan darahnya. Karna, sewaktu-waktu pasti akan digunakan.

Kartu golongan darah ini tambahnya, akan berlaku seumur hidup karna, golongan darah setiap orang itu tidak akan pernah berubah. Maka untuk itu mereka harus menyimpan baik kartunya apabila dilakukan untuk kegiatan donor darah ataupun ketika terjadinya kecelakaan untuk ditransfusi pasti kartu itu yang akan dibutuhkan.

“Siapapun pemerintah desa yang mau masyarakatnya melakukan pemeriksaan golongan darahnya secara gratis sialahkan menghubungi Palang Merah Indonesia (PMI) Manggarai Timur kantornya berada di Kembur dan kami selalu siap yang peting kepala desanya menyiapakan waktu,tempatnya, dan warganya PMI selalu siap kapan saja dan di mana saja”, ungkapnya.(Sumber Humaspro Matim)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.