Banner-Top
Banner-Top

Pria di Kota Komba ini Panen Jutaan Rupiah dari Usaha Sayur

Darno di Kebun sayurnya. Foto/Yunt.
Darno di Kebun sayurnya. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMKesuksesan seseorang terkadang sulit diraih. Butuh kerja keras, dan sikap pantang menyerah. Siapapun di dunia ini, pasti ingin sukses dan berani menantang diri sendiri untuk mendapatkan keberhasilan.

Seperti yang dilakukan Mateus Darno Karo (22). Pemuda asal Kampung Wae Sepang, Kelurahan Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur fokus mengembangkan usaha kebun sayur.

“Awalnya saya bekerja sebagai karyawan Hotel Ayana di Labuan Bajo, tetapi saat ini sudah dirumahkan dampak dari Covid-19 yang sudah semakin parah,” katanya, Rabu, 14/07/2021.

Darno saat beraktifitas di kebunnya. Foto/Yunt.

Darno mengatakan, beragam buah dan jenis sayuran hijau yang dikembangkannya, di antaranya; Pare, Tomat dan Semangka.

“Saya berpikir usaha ini sangat ideal. Apalagi di tengah situasi Pandemi Covid-19 yang semakin menggila ini. Dan tentu semua orang membutuhkan sayuran untuk konsumsi,” katanya.

Pria kelahiran 13 Juni 1999 itu mengatakan, dengan diterapkannya PPKM oleh pemerintah, maka niat warga yang hendak berbelanja buah dan sayuran ke pasar pun ditunda. Kata dia, hal itu menjadi peluang baginya

“Saya melihat peluang ini untuk lebih giat berusaha dengan sungguh-sungguh dan hasilnya saat ini sangat memuaskan bagi pendapatan keluarga. Warga tidak harus ke pasar untuk beli sayur, saya siap antar ke pelanggan yang memesannya,” kata Darno.

Darno mengungkapkan, berkebun sayur sangat menguntungkan. Penghasilan yang diperoleh cukup besar dan tidak kalah dengan profesi lainnya.

“Selama ini omzet dari hasil panen tomat dan pare sudah mencapai angka Rp.6.000.000,00 dan ini sangat membantu kebutuhan keluarga,” ucapnya.

Darno menambhkan, saat ini pihaknya memasarkan hasil usaha sayur secara online.

“Saya pasarkan melalui media sosial, tidak harus bergantung kepada pasar konvesional. Puji Tuhan, saat ini ada yang pesan dari Aimere dan Bajawa, Kabupaten Ngada,”

Darno berharap, Pemda Matim mendukung penuh kaum muda untuk terjun ke dunia usaha baik di bidang pertanian maupun usaha jenis yang lain.

“Saya berharap Pemda Matim untuk mendukung kaum muda untuk berwira swasta. Dan juga kalau bisa Pemda menyediakan pelatihan yang bermanfaat dan juga modal bagi kaum muda yang ingin berusaha,” harapnya. (Yunt)

 

 

 

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top