Banner-Top
Banner-Top

Proyek Air Minum Bersih di Desa Rana Mbeling diduga Bermasalah

Proyek air minum bersih yang diduga bermasalah di Desa Rana Mbeling. Foto/Yunt.
Proyek air minum bersih yang diduga bermasalah di Desa Rana Mbeling. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Kepolisian Resort Kabupaten Manggarai Timur diminta selidiki dugaan korupsi pembangunan air minum bersih di Desa Rana Mbeling, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur.

Proyek dengan pagu anggaran nyaris setengah Miliaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu diduga bermasalah karena tidak memberikan dampak positif pada masyarakat.

Menurut sumber yang tidak mau dimediakan namanya mengatakan, sejak tahun 2019 air minum tidak dapat dialirkan ke permukiman warga, karena titik mata air yang digunakan berada di dataran rendah.

“Sampai dengan saat ini air minum bersih tidak pernah dirasakan oleh masyarakat Rana Mbeling. Pembangunan proyek ini asal dikerjakan karena terbukti papan informasinya saja disimpan di salah satu rumah aparatur desa,” ujarnya.

Ia mengaku kecewa dengan Pemdes Rana Mbeling yang membuat perencanaan proyek tahun 2019 yang dinilai mubazir.

“Dalam perencanaan yang didapatkan tidak sesuai harapan. Apalagi proyek ini memakan dana hingga ratusan juta rupiah, kami masyarakat sangat membutuhkan kelanjutan dari proyek ini,” katanya.

Dia mendesak Pemda Matim maupun Kepolisian untuk turun ke lokasi dan melihat langsung proyek air bersih yang di duga kerja asal-asalah.

“Saya berharap pihak Kepolisian dengan dinas terkait untuk segera memeriksa Kades dan pihak yang bertanggung jawab dalam pembangunan proyek air minum bersih ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan Desa, DPMD Matim, Narsi Baharu mengatakan belum mendapatkan laporan terkait proyek bermasalah itu.

“Kami tetap meminta penjelasan dari PLT, Kades Rana Mbeling, Primus Adil, dan juga semua pihak yang sudah ambil bagian dalam mengurusi proyek dengan anggaran yang besar itu,” jelasnya. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top