Banner-Top
Banner-Top

Proyek Rabat Beton Di Kelurahan Kota Ndora Manggarai Timur, Disorot Warga

Plt. Lurah Kota Ndora, Yoseph Sunardi. Foto/Yon Sahaja.
Plt. Lurah Kota Ndora, Yoseph Sunardi. Foto/Yon Sahaja.

Oleh: Yon Sahaja

 

"Saya tidak tau dana pembangunan jalan beton ini memakan dana berapa. Soalnya papan informasi terkait besaran dana kita tidak tau," kata WN, salah satu warga kampung Wolokolo kepada Posflores.com, Senin 25 November 2019.

Hal senada juga disampaikan WA, dia mempertanyakan besaran dana dan juga kontraktor pelaksana terkait pembangunan jalan rabat beton tersebut.

"Saya bingung, pembangunan jalan ini tidak ada papan informasinya. Di Kampung Wolokolo-Watu Ipu ada 3 lokasi proyek, tapi tidak ada satupun yang pasang papan informasi. Ada apa sampai tidak ada papan informasi, dan siapa kontraktor pelaksananya? Harusnya pihak kontraktor pasang papan informasi tersebut disetiap lokasi kerja," ucap WA.

Sementara itu, Pelaksana tugasPma Lurah Kota Ndora, Yosep P. Dani, selaku penanggungjawab proyek menjelaskan tentang besaran anggaran terkait pembangunan jalan beton tersebut.

"Saya berikan apresiasi kepada warga yang telah mengawasi jalannya pembangunan di Kelurahan Kota Ndora ini. Terkait papan informasi, sebenarnya sudah terpasang. Tempat papan informasi itu dipasang di Kampung Ende. Sebab, mulai dari Kampung Ende hingga Kampung Wolokolo-Watu Ipu itu hanya satu paket pekerjaan. Dan dananya itu sebesar Rp 153.775.454 (seratus lima puluh tiga juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu empat ratus lima puluh empat rupiah) tahun anggaran 2019. Dana tersebut untuk pengerjaan rabat beton sebanyak 5 lokasi. Di Wolokolo ada 3 lokasi, di Kampung Ende ada 2 lokasi tambah deuker 1 lokasi. Lalu untuk paket pekerjaan di Kampung Baru dan Kampung Lingko Di'a ada 5 lokasi pembangunan rabat beton dan 2 lokasi pembangunan deuker. Total dana untuk Kampung Baru dan Kampung Lingko Di'a yaitu Rp 185.744.546 (seratus delapan puluh lima juta tujuh ratus empat puluh empat ribu lima ratus empat puluh enam rupiah). Untuk pelaksana proyek, kita tidak pakai kontraktor, melainkan swakelola yang ditangani oleh Karang Taruna Flamboyan Kota Ndora. Dana proyek ini berasal dari DAU ( Dana Alokasi Umum," jelas Sunardi.

Untuk diketahui terkait total volume pekerjaan untuk 10 lokasi yang tersebar di 4 kampung yaitu Kampung Baru, Kampung Ende, Kampung Wolokolo dan Watu  Ipu, yaitu sepanjang 605 meter(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top