Punya Dua Anak, Janda ini Mengaku tidak Pernah Mendapatkan Bantuan dari Desa

BORONG, POSFLORES.COMSeorang Janda dua anak (MN) di Desa Lembur, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, mengaku tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah desa sejak tahun 2013 silam. Hal itu disampaikan MN ketika ditemui posflores.com di kediamannya di Kampung Mbapo Desa Lembur, Senin 18 Mei 2020.

MN mengaku bahwa, dirinya ditinggal pergi oleh suaminya sejak tahun 2018 silam. Demi meyakinkan posflores.com, janda itu mengucapkan kata “sumpah” kalau dirinya memang belum pernah mendapatkan bantuan dari Desa lembur

“Sumpah pak memang kenyataannya saya tidak pernah mendapatkan bantuan. Sampai sekarang saya hidup menjanda sudah mau jalan 3 tahun pak. Dan selama 7 tahun hidup berkeluarga kami juga tak pernah mendapatkan bantuan,” ungkapnya dengan wajah sedih.

Terkait bantuan di tengah pandemi covid-19, MN mengaku bahwa, dirinya pernah didatangi oleh aparat Desa Lembur untuk mendata nomor induk keluarga (NIK) miliknya. Namum hingga kini, kata MN, belum ada informasi dari Pemdes Lembur, apakah dirinya berhak atau tidak untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Saya tidak pergi mengeluh ke kantor desa pak. Tetapi begini pak, warga lain tidak butuh mengeluh tetapi mereka sudah dapat bantuan,” ucap MN kepada posflores.com ketika ditanyai alasan dirinya tidak meanyakan hal tersebut ke PemDes Lembur.

Sementara itu, bapak mantu MN, TJ (60) kepada posflores.com mengaku bahwa, keluarganya memang pernah mendapatkan bantuan berupa meteran listrik gratis yang datang langsung dari PLN. Kalau dari desa, kata TJ, tidak pernah ada.

TJ mengaku bahwa, setiap tahun keluarganya selalu didatangi aparat desa untuk menagih pajak sebagaimana kewajiban sebagai anggota masyarakat.

“Pihak Desa datang tagih uang pajak, namun bantuan untuk kami, kosong. Terus mereka hanya diam dan habis dengan ketawa saja saat kita tanya,” kata TJ.

Menanggapi keluhan warganya tersebut, Kepala Desa Lembur, Yohanes Baos, kepada posflores.com mengatakan, nama Ibu MN sudah di masukan ke data BLT dana desa, dan akan dicairkan dan dibagikan dalam Minggu ini bersama warga Desa Lembur yang lain.

“Nama Ibu MN telah terdaftar sebagai penerima BLT yang dalam Minggu ini akan dicairkan,” jelas Baos.

Kades Baos menjelaskan, soal ada Warga Desa Lembur yang mendapat bantuan pada hari sebelumnya, itu bukanlah bantuan BLT (Bantuan Langsung Tunai/ DD) melainkan bantuan BST (Bantuan Sosial Tunai).

” Kalau yang terima 14 Mei kemarin sebanyak 27 KK, itu bukan BLT Dana Desa, melainkan bantuan sosial tunai, ( BST ),” tutup Baos. [Wil Susu].

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

News Feed