Banner-Top
Banner-Top

Rana Roko, Mata Air Panas di Kota Borong, dapat diminum Langsung

Rana Roko, Mata Air Panas di Kota Borong. Foto/Will.
Rana Roko, Mata Air Panas di Kota Borong. Foto/Will.

BORONG, POSFLORES.COMBerbicara tentang air, tentunya langsung terlintas dalam benak kita bahwa air memiliki manfaat dan kegunaan bagi manusia dan mahkluk hidup jenis lain, seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Manusia menggunakan air untuk mandi, cuci pakaian, cuci kendaraan, konsumsi dan untuk keperluan lainnya. Untuk keperluan konsumsi, tentunya harus melalui proses sterilisasi (memasak). Mungkin kita cukup tercengang ketika membaca testimoni/kesaksian mengenai air panas (tempat pemandian) yang bisa dikonsumsi tanpa melalui proses sterilisasi.

Air panas Rana Roko, terletak di antara Kampung Tanggo dan Wejang Kalo, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur. Selain dimanfaatkan untuk mandi, juga bisa dikonsumsi tanpa melalui proses sterilisasi.

Warga saat mengunjungi Rana Roko. Foto/Will.

Kepada posflores.com, Rabu (22/04/2020) melalui, Wil Susu yang merupakan salah satu tokoh pemuda Kampung Tanggo, menyampaikan testimoni/kesaksian mengenai keunikan air panas Rana Roko.

“Waktu momen penyerahan lahan beberapa tahun lalu dari Bapak Bernadus Riko (pemilik lahan) kepada Pemda Matim, saya begitu terkejut ketika dihadapkan dengan pemandangan yang tidak biasanya. Kadis Pariwisata (kadis waktu itu) bersama rombongan mengonsumsi langsung air panas Rana Roko. Kepada masyarakat mereka mengatakan bahawa air ini unik,” ucap pemuda yang akrab di sapa Will ini.

Menurut pemuda berdarah Nagekeo ini, ia sering mendengar cerita tentang tempat pemandian air panas, hanya saja tidak seunik Rana Roko. Dirinya mengaku penasaran untuk mengonsumsi langsung.

“Sudah 10 kali saya mengonsumsi langsung air Rana Roko. Memang rasanya sedikit asin, tetapi saya tidak pernah merasakan sakit perut ketika mengonsumsi air tersebut. Ya, memang aneh tapi nyata,” cerita Wil.

Ia berharap, Pemda Matim secara serius mengelola Rana Roko, agar bisa dijadikan destinasi wisata dan tentunya membawa berkah untuk APBD. [Marselino Ando]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top