Banner-Top
Banner-Top

Ratusan Warga Lakukan Aksi Protes di Kantor Desa Sita, ini Penjelasan Kades

Warga saat mendatangi Kantor Desa Sita. Foto/Ando.
Warga saat mendatangi Kantor Desa Sita. Foto/Ando.

BORONG, POSFLORES.COMRatusan warga Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur mendatangi Kantor Desa Sita, Selasa, 26 Mei 2020. Kedatangan warga dalam jumlah yang cukup banyak tersebut untuk mempersoalkan pendataan dan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diduga tidak tepat sasaran.

Kedatangan mereka disambut Camat Rana Mese Maria Anjelina Teme, Kepala Desa Sita Siprianus J. Lahut, aparat desa dan Danpos Robertus.

Kepada Posflores.com, Selasa, 26 Mei 2020, Erland, seorang warga yang ikut aksi protes mengungkapkan rasa kecewa lantaran ada beberapa warga yang dianggap kurang mampu tidak memperoleh Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Saya sangat kecewa lantaran begitu banyak masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah tidak memperoleh Bantuan Langsung Tunai ( BLT). Dalam proses pembagian dana, mereka bagi malam-malam.

Sementara itu, Siprianus J. Lahut, selaku Kapala Desa Sita, menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan dan verifikasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami sudah melakukan pendataan dan dan verifikasi yang tentunya merujuk pada regulasi yang berlaku. Lalu tidak ada pembagian malam, karena pembagian kemarin dari pagi sampai sore hari. Sedangkan untuk aparat yang terima bantuan, itu namanya Bansos dari pusat nama penerimanya dari pusat yang tentukan,” jelasnya Siprianus.

Dikatakan Siprianus, ada 132 KK yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan langsung dibagikan untuk 2 bulan.

“Ada 132 KK yang memperoleh bantuan ini dan langsung dibagikan untuk 2 bulan, yaitu bulan April dan Mei dengan total dana Rp.1.200.000 . Sedangkan untuk 379 kk yang belum mendapat bantuan, kami akan komunikasi dengan pemda supaya memperoleh Bansos dari APBD,” kata Siprianus.

Total dana Desa Sita untuk tahun 2020, Rp.1.178.166.000 dengan pagu 30% untuk BLT. Total 3 bulan untuk 132 kk sebesar Rp.237.600.000. [Marselino Ando]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top