Banner-Top
Banner-Top

Rumah Sakit St. Rafael Cancar Sempat Rawat PDP RD

RSU St. Rafael Cancar. Foto/goalkes.
RSU St. Rafael Cancar. Foto/goalkes.

RUTENG, POSFLORES.COMPasien Dalam Pemantauan (PDP) di Manggarai saat ini kembali bertambah. Pasien yang berinisial RD (55) asal Kampung Tando, Desa Orong, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, saat ini sedang dirawat di RSUD Ben Mboi Ruteng.

Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Demung Moa, kepada posflores.com pada Rabu, (6/5/2020).

Menurut Moa, pasien yang berinisial RD dirujuk ke Rumah Sakit Ben Mboi pada hari Selasa (5/5/2020), sekitar pukul 13.00 Wita. RD merupakan pasien rujukan dari RS. St Rafael Cancar.

Menurut Moa, RD awalnya masuk Rumah Sakit Cancar pada tanggal 30 April 2020 lalu dengan keluhan mencret dan nyeri perut. Kemudian pada 1 Mei 2020, RD mengalami sesak nafas dan batuk.

Moa menjelaskan, satu Minggu sebelum masuk Rumah Sakit, RD sempat berkunjung ke Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Di Lembor (RD) sekitar tiga jam lamanya.

RSUD Ben Mboi Ruteng. foto/Goalkes.

 

“RD dinyatakan sebaga PDP usai dilakukan rapid test pada tanggal 1 hingga 2 Mei 2020 kemarin, dan hasilnya non reaktif. Kemudian dari tanggal 2 hingga 5 Mei RD kembali lakukan rapid test di RSUD Ben Mboi. Hasilnya tetap IgG negatif, dan IgM positif samar,” jelas Moa.

Menurut Moa, pasien itu sebelumnya pernah dilakukan pemeriksaan Lab dan rontgen paru di Rumah Sakit St. Rafael Cancar, kemudian hasilnya pneumoni.

Dikatakan Moa, RD kembali lakukan pemeriksaan lab di RSUD Ben Mboi Ruteng, dan ternyata lebih buruk dari hasil pemeriksaan sebelumnya di Rumah Sakit St Rafael Cancar. Rontgen paru juga lebih buruk, dan rapid test hasilnya reaktif.

Hingga kini RD dikategorikan sebagai pasien dalam pemantauan (PDP), dan sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Ben Mboi Ruteng. [Event Mardivanto]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top