Sambut HUT RI, SMPN Satap Munde Gelar Berbagai Perlombaan

Seorang siswa sedang mementaskan sebuah pertunjukan seni di SMPN Satap Munde. Foto/Nardi Jaya.

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.Com–Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap (SMPN Satap) Munde, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur menggelar berbagai kegiatan perlombaan pada hari Jumad (16/8/) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 Tahun 2019.

Lomba yang dilaksanakan di halaman Sekolah tersebut diantaranya Tarian adat Daerah, Puisi, olah vokal (solo dan group) antar kelas. Kepala Sekolah SMPN Satap Munde Sale Aleksius SH, SM saat ditemui Posflores.Com di ruang kerjanya mengatakan kegiatan seperti itu rutin digelar setiap menjelang HUT Kemedekaan.

“Lembaga pendidikan adalah pusat kebudayaan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan bertanggungjawab melestarikan kebudayaan melalui festifal seni dan budaya yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun menyongsong perayaan HUT kemerdekaan RI,” jelas Aleksius

Dikatakan Aleksius, hampir semua siswa di Sekolahnya aktif mengikuti perlombaan yang digelar.

“Mereka semua sudah menampilkan yang terbaik dan akan diumumkan pemenangnya hari ini juga. Tentu ada penghargaan bagi yang juara, dan hampir semua siswa terlibat dalam kegiatan ini,” tutur Kepsek yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Aliansi Indonesia (LAI)Cabang NTT itu.

Dirinya berharap, melalui perlombaan yang digelar, jiwa nasionalisme dan rasa cinta akan tanah air senantiasa dimiliki siswa di Sekolahnya.

“Sebenarnya ini bukan tentang perlombaan, melainkan mengasa kesadaran akan pentingnya cinta terhadap tanah air dan tertanamnya jiwa Nasionalisme yang senantiasa bergumam dalam hati dan sanubari mereka. Selain itu, kemampuan agar terbiasa tampil dimuka umum. Sekolah ini telah banyak mencetak alumni yang berbakat dan semoga tetap sukses untuk kedepannya,” tutup Aleksius.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.