Sambut Sumpah Pemuda, Sekelompok Anak Muda Gelar Festival Literasi

oleh -128 views
Festival Literasi menyambut Sumpah Pemuda di Desa Kole. Foto/Isno.

Oleh: Valery Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COM–Dalam sejarah bangsa Republik Indonesia tentu tidak terlepas dari kontribusi dan peran pemuda. Pada tahun 1928 Kaum Muda di Indonesia telah menorehkan sebuah sejarah yang di kenal dengan Sumpah Pemuda.

Kaum muda mencoba menyamakan persepsi demi memperkuat barisan dalam melawan penjajah. Demi mengenang kembali kisah sejarah tersebut, Kelompok Pemuda Desa Kole( KMDK), Kecamatan Satar Mese, Manggarai menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi Lomba Baca Puisi dan Pidato tingkat Dusun di teras gereja Kole. Hal tersebut disampaikan Apri Mantur kepada Posflores.com pada tgl 27 oktober.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi generasi muda di Desa Kole yang kemudian dihadiri oleh seluruh pemerintah desa, tokoh pendidikan dan seluruh masyarakat Desa Kole,” tandasnya.

Dirinya menambahkan, peserta Lomba yang ikut didominasi oleh beberapa dusun, yakni Dusun Moak, dusun Kole, dusun Ndajang, dan dusun Rato.

Ketua KMDK, Rinoldus Padur dalam sambutannya menyampaikan
bahwa generasi muda sekarang sedang berhadapan dengan revolusi Industri 4.0. Sumber Daya Manusia (SDM) adalah penentu kemajuan bangsa dan Negara di era tersebut.

“Bila kita menghadapinya dengan sumber daya manusia yang lemah maka ini akan menjadi hambatan bagi kemajuan bangsa dan negara.
Itulah kemudian dasar terselenggaranya kegiatan Festival literasi lomba baca puisi dan pidato tingkat dusun se-Desa kole,” terang Rinoldus.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa Kole(BPD) dan dihadiri oleh warga desa yang terus berdatangan memadati lokasi.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *