Banner-Top
Banner-Top

Sekolah Dasar Katolik Mukun 1 Genap Berusia Satu Abad

SDK Mukun 1. Foto/Yunt.
SDK Mukun 1. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR — Sekolah Dasar Katolik (SDK) Mukun 1 di Mukun, Desa Golo Meni, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur memasuki usia satu abad (100 tahun).

Untuk memperingati usia satu abad, pihak sekolah merayakannya dengan perayaan Ekaristi Kudus, yang dipimpin pastor Paroki Mukun Rm. Antonius Apolonaris Burhanling, Pr, Jumat, 1 Oktober 2021.

Dalam khotbahnya Rm. Antonius mengatakan, sebagai karya kasih Allah yang sangat tinggi tentu lembaga pendidikan akan terus berlangsung secara terus menerus dan karya kasih inilah yang harus diwartakan kepada semua orang untuk ikut terlibat dalam penyelenggaraan kehidupan.

“Maka kita diutus untuk membawa misi memanusiakan manusia melalui pendidikan. Sebagai Karya Kasih Allah yang sangat tinggi tentu lembaga pendidikan ini akan terus mewartakan Karya Kasih Allah kepada semua orang yang terlibat dalam penyelenggaraan kehidupan,” ucap Romo Antonius.

Ia melanjutkan jika momentum usia seabad ini menjadi sangat strategis karena seabad bukan puncak atau akhir dari sebuah perjuangan tetapi menjadi titik pergerakan menuju masa depan yang lebih baik dan terus melangkah dalam semangat kebersamaan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDK Mukun 1, Yasinta Delita mengatakan setelah merujuk pada sejarah yang diwariskan para pendahulu bahwa SDK Mukun 1 lahir 01 Oktober 1921 pada masa jaman penjajahan Belanda.

“Dalam perkembangannya pada jaman kemerdekaan menjadi Sekolah Rakyat (SR), sejalan dengan perkembangan dan perubahan jaman sekolah kemudian dikelola Yayasan Sukma dan hari ini usianya genap satu abad,” kata Yasinta kepada posflores.com, Jumat, 01/10/2021.

Yasinta mengungkapkan bahwa syukuran seabad ini harus menjadi tanggungjawab bersama agar pendidikan membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Saya minta kepada semua guru, orang tua murid, alumni, masyarakat serta peserta didik untuk bahu membahu menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berlandaskan kasih dalam sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Geradus Dadu selaku ketua panitia pelaksana mengatakan untuk acara sukuran tersebut pihaknya telah melakukan persiapan sejak dua tahun lalu.

“Dalam menyiapkan acara peringatan 100 tahun ini hal yang mendasar adalah pengumpulan dana. Dua tahun lalu panitia telah bekerja keras untuk mendapatkan dana baik dari sponsor, alumni maupun orang tua murid dan dana yang terkumpul harus digunakan dengan efektif, efisien, transparan. Puji Tuhan saat ini berjalan dengan baik,” katanya.

Geradus mengungkapkan, dalam perjalanan panjangnya lembaga Pendidikan SDK Mukun 1 sudah banyak melahirkan ribuan alumni yang tersebar di wilayah Manggarai Raya maupun di luar daerah.

“Sejak awal sudah banyak murid bersekolah di sini. Ada yang dari Congkar, Rongga Koe, Rajong, Manus, Riwu, Kempo, Sita, Lamba Leda selatan dan bahkan masih banyak lagi murid yang mengenyam pendidikan di sini. Saya berharap, orang tua murid, alumni dan tenaga pendidik tetap memiliki tanggungjawab moral untuk memenuhi pendidikan karakter dan mewujudkan nilai intelektualitas, integritas dan keimanan,” harapnya.

Turut hadir dalam acara peringatan, Wakil Bupati Matim Jaghur Stefanus, Ketua dan anggota DPRD Matim Yeremias Dupa dan Tarsan Talus, Kadis PPO Matim Basilius Teto, alumni dari berbagai angkatan, Camat Kota Komba Utara, orang tua murid, para pendidik dan Siswa-siswi, Biarawan-biarawati serta tenaga kesehatan Puskesmas Mukun.

Acara yang digelar sekitar tiga jam tersebut diisi dengan pentas seni oleh siswa-siswi, alumni dan juga diberikan tanda kasih kepada guru-guru yang pernah mengajar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top