Banner-Top
Banner-Top

Selain Mie, Ikan dan Sayur di Pasar Borong Dirapid Test

Dinas Ketahanan Perikanan dan Ketahanan Pangan Sidak di Pasar Borong. Foto/Yunt.
Dinas Ketahanan Perikanan dan Ketahanan Pangan Sidak di Pasar Borong. Foto/Yunt.

MANGGARAI TIMUR — Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur lakukan Sidak (inspeksi mendadak) di Pasar Borong, Selasa, 5 Oktober 2021. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Herman Kodi.

Saat ditemui di lokasi sidak, Kodi mengatakan kegiatan itu digelar untuk mencegah pangan segar dan olahan dari cemaran biologis, kimiawi yang merugikan kesehatan manusia terutama pengguna dan pemanfaat Pasar Borong.

“Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Terutama sebelum hari raya besar. Keamanan pangan adalah hak asasi secara individu yang wajib dinikmati agar masyarakat aman dari cemaran bahan kimia maupun mikroba yang berbahaya bagi kesehatan,” kata Kodi.

Selainn itu, Kodi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk menertibkan semua hasil pangan terlebih khusus kendaraan yang mengangkut ikan.

“Kami akan terus lakukan operasi seperti ini, terutama untuk mengecek semua kendaraan masuk baik dari Maumere, Ende, Labuan Bajo, Lembor dan Reo yang selama ini bongkar muat ikan di tengah jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kerawanan dan Keamanan Pangan, Yosep Tote mengatakan pengawasan keamanan pangan adalah salah satu bentuk untuk mencegah kemungkinan yang terjadi pada pangan olahan.

“Demi keamanan konsumen maka setiap tahun dilakukan test cepat seperti repid tes formalin. Dan juga kami lakukan rapid tes pestisida pada pangan segar seperti sayur- sayuran dan buah buahan dan repid test kandungan borax pada mie, pentol dan tahu,” kata Tote.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Camat Borong didampingi Lurah Rana Loba. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top