Banner-Top
Banner-Top

Sepuluh Poin Penting Temuan Kerja Pansus LKPJ DPRD untuk Dinkes Matim

Ilustrasi LKPJ
Ilustrasi LKPJ

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), rekomendasikan sepuluh poin temuan kerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Matim.

Rekomendasi kerja Pansus itu termuat dalam keputusan DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Nomor : 9/DPRD/Tahun 2021, tentang catatan dan rekomendasi DPRD di kabupaten terswbut atas laporan keterangan pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Manggarai Timur akhir tahun anggaran 2020.

1. Penyerapan Jamkesda yang belum maksimal.Dinas diminta untuk serahkan penyaluran Jamkesda harus diserahkan ke Puskesmas-Puskesmas.

2. Dinas harus menyiapkan anggaran saranan dan prasarana perbaikan dalam menunjang pelayanan kesehatan.

3. Memperhatikan kesejahteraan tenaga kesehatan sukarela, dengan memberikan insentif yang bersumber dari APBD.

4. Pendistribusian obat-obat ke Puskesmas secara tepat waktu, dan memperhatikan masa kadaluwarsa obat.

5. Memperhatikan instalasi limbah pada puskesmas-puskesmas Afirmasi, yang selama ini tidak berjalan maksimal. Seperti puskesmas Mano, Dampek dan Watunggong.

6. Pelayanan kendaraan Pusling di setiap Puskesmas harus maksimal.

7. Dinkes diminta untuk berkoordinasi dengan pihak ketiga, yang berkerja di pembangunan Puskesmas afirmasi Mano. Untuk lakukan perbaikan beberapa item pekerjaan yang yang buruk dan tidak tuntas.

8. Rumah Sakit harus menjadi UPTD yang mandiri baik manajemen maupun pengelolaan keuangannya. Sesuai amanat Permendagri nomor 12 tahun 2017 dan peraturan Bupati.

9. Rumah Sakit segera lakukan perjanjian dengan pihak BPJS.

10. Pemerintah harus segera menyiapkan keuangan untuk insentif dokter sesuai kebutuhan Rumah Sakit. (Ando)

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top