Banner-Top
Banner-Top

SMAN 4 Borong Gelar BIMTEK Literasi

Formator Literasi, Ino Sengkang bersama peserta literasi di SMAN 4 Borong. Foto/Nardi Jaya.
Formator Literasi, Ino Sengkang bersama peserta literasi di SMAN 4 Borong. Foto/Nardi Jaya.

Oleh: Nardi Jaya

 

BORONG, POSFLORES.COMSekolah Menengah Atas Negeri IV (SMAN 4) Borong yang beralamat di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) literasi menyonsong bulan bahasa.

Kegiatan yang bertemakan “Mencerdaskan Generasi Emas Indonesia di tahun 2045” itu, diikuti oleh utusan setiap kelas.

Benyamin Juma, Kepala Sekolah SMAN 4 Borong, kepada Posflores.com mengatakan bahwa kegiatan tersebut pada prinsipnya menjawab tuntutan nasional, dalam membina bakat menulis untuk generasi emas Indonesia di tahun 2045

“Kegiatan ini pada prinsipnya adalah menjawab tuntutan atau program nasional untuk membina bakat menulis dan membaca dalam menyongsong generasi emas Indonesia khususnya Manggarai Timur di tahun 2045,” jelas Beny sapaan akrab Benyamin Juma.

Dia Berharap, kegiatan yang didanai dari Bosda itu mampu menjawab tuntutan nasional tersebut yakni tersalurnya bakat siswa dalam membuat karya melalui tulisan.

Sementara itu, Formator Media pendidikan Cakrawala NTT wilayah VII Manggarai Raya, Ino Sengkang, ketika berbincang-bincang dengan Posflores.com mengatakan, kegiatan dalam menyonsong bulan bahasa tahun ini, kiranya mampu menjawab kemampuan siswa-siswi dalam mengolah berbagai informasi dan mengaplikasikan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

“Hal di atas Mengacu pada gerakan literasi nasional yakni Permendikbud no 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui literasi, yakni critikal thinking, colaboration, comunication, creative (inovatif),” jelas Ino.

Seluruh siswa tampak antusias menulis berbagai karya dalam bentuk surat dan puisi. Salah satu peserta, Candra  Tanggung klas 12 jurusan bahasa, mengapresiasi program literasi yang dicanangkan.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Semoga kegiatan ini mampu mengembangkan cakrawala berpikir kami sebagai generasi emas Indonesia menghadapi era Revolusi Industri 4.0,” pungkas Candra.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top