Banner-Top
Banner-Top

Surat Tanda Registrasi Menentukan Nasib Sarjana Kesehatan Untuk Lamar Kerja

Benidiktus Dol. Foto/Isno.
Benidiktus Dol. Foto/Isno.

Oleh: Valeri Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COMBanyaknya pengangguran yang terjadi sekarang ini khususnya bagi tenaga kesehatan menuai perhatian publik. Padahal, beberapa tahun silam orang ramai-ramai mengambil jurusan tersebut karena dianggap jurusan yang paling langka.

Namun, siapa sangka dibalik jurusan yang langka itu, munculah sebuah tuntutan yang namanya Surat Tanda Registrasi (STR) bagi tenaga Kesehatan sebagai persyaratan bagi mereka untuk bisa bekerja di Rumah Sakit, ataupun di Puskesmas.

Benidiktus Dol, salah satu sarjana Kesehatan ketika diwawancarai Posflores.com mengatakan bahwa surat tanda registrasi itu tidaklah penting sebenarnya karena itu hanyalah sebuah kertas yang masa berlakunya hanya 5 tahun.

“STR itu hanya sebuah kertas faktor panunjang tambahan saja. Itu barangkan tidak ada sangkut pautnya kalau kita menangani Pasien yang sakit,” ujar Benidiktus, Kamis, (3/10/2019).

Menurutnya, bilamana STR itu harus melalui Ujian Kompetensi (Ukom) maka harus membayar lagi dengan  biaya yang cukup besar. Padahal di Bangku kuliah sudah begitu banyak uang kuliah untuk membayar SKS.

“Namun sayangnya, Ujian Kompetensi (UKOM) ini sangatlah jarang untuk diselenggarakan dan kalaupun ada itu hanya di lakukan di daerah tertentu saja,” tandas pria lulusan Universitas Pancasakti Makassar itu.

Dirinya berharap, Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang terpilih di Kabinet baru nanti bisa meninjau kembali peraturan lama itu karena menurutnya sangat mengkerdilkan nasib tenaga kesehatan khususnya di Kabupaten Manggarai.

“Jadi harapkan kami dari daerah pelosok untuk Menteri Kesehatan Republik Indonesia di Kabinet baru nanti, tolong hapuskan program surat tanda registrasi bagi tenaga Kesehatan karena itu sangat mengkerdilkan nasip kami tenaga Kesehatan,” tutupnya.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top