Banner-Top
Banner-Top

Tanah Kuburan Diklaim Pemda Matim, Tokoh Adat Heran

Ilustrasi kuburan. Ist.
Ilustrasi kuburan. Ist.

MANGGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Sai mengatakan jika ada pasien covid-19 yang meninggal dunia dirahkan untuk dikuburkan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Ragok, Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong.

Hal itu bisa dilakukan jika tanah tersebut sudah memiliki sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Timur.

“Kalau ada kejadian atau ada pasien covid-19 yang meninggal dunia, kita arahkan untuk dimakaman di tanah Ragok. Dan tentu akan didiskusikan dengan pihak keluarga, kata Boni kepada posflores.com, Selasa, 11 Mei 2021.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo Matim ini menjelaskan, penentuan TPU di Tanah Ragok itu dari empat tahun lalu. Tanah itu merupakan lahan kosong.

“Penentuan TPU di lokasi tersebut sejak tahun 2017. Dan saat ini lagi proses dokumen sertifikat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Timur. Luas lahannya dua hektare dan belum ada apa – apa di dalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Fransiskus Akal Tua Golo (pemangku adat) Gendang Kantar saat ditemui di Rumah Gendang Kantar, Kecamatan Rana Mese mengatakan tidak tahu jika Tanah Ragok sudah dijual ke Pemda Matim.

“Kami belum tahu kalau tanah itu telah dijual. Tanah itu bersejarah, dan merupakan tempat kuburan nenek moyang kami dari empat anak kampung (Jengok, Lodos, Longko dan Mondo). Lokasi itu sudah dipenuhi ratusan kubur sejak zaman dulu,” kata Fransiksus.

Faransiskus mengaku heran karena Pemda Matim telah membeli tanah yang belum memiliki sertifikat.

“Kok bisa mereka (Pemda Matim) beli tanah yang tidak bersertifikat. Lebih anehnya lagi mereka beli dari oknum yang mengaku sebagai Tua Golo (Tua Adat) ,” ucap Fransiskus.

Sekadar diketahui, jumlah pasien meninggal akibat terpapar Covid-19 di Manggarai Timur sebanyak sembilan (9) orang. Dari sembilan orang tersebut belum ada yang dimakamkan di TPU tersebut. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top