Banner-Top
Banner-Top

Tentara di Matim Tanam 800 Anakan Mangrove

Tentara di Matim lakukan penanaman Anakan Mangrove di Pesisir Pantai Borong. Foto/Ando.
Tentara di Matim lakukan penanaman Anakan Mangrove di Pesisir Pantai Borong. Foto/Ando.

BORONG, POSFLORES.COMDanramil 1612-04/ Borong, Kapten Inf Zaenudin bersama 29 orang anggota Koramil 1612-04/Borong dan siswa/siswi MAN Alhidayah Borong melakukan kegiatan karya bhakti penanaman pohon mangrove.

Kurang lebih 800 anakan pohon mangrove ditanam di atas lahan 1 Ha, yang berlokasi di pesisir Pantai Borong, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis (19/11/2020) jam 08.00 Witta.

Kepada posflores.com, Danramil 1612/Borong, Kapten Inf Zaenudin mengatakan bahwa kegiatan tersebut di landasi oleh rasa prihatinnya terhadap lingkungan, terutama wilayah pesisir pantai.

“Akhir-akhir ini keadaan di bibir pantai (Pelabuhan Borong) sampai di tempat Pariwisata Cepi Watu sangat memprihatinkan. Sehingga saya berinisiatif untuk kerja sama dengan pihak kelurahan setempat, masyarakat dan instansi terkait untuk menata dan menghidupkan kembali pohon mangrove yang sudah rusak yang diakibatkan oleh abrasi maupun perbuatan manusia,” katanya.

Menurutnya, adanya tanaman mangrove di bibir pantai tentunya memiliki banyak manfaat yang menguntungkan manusia.

“Ada banyak manfaat, seperti menahan abrasi akibat glombang air laut, bisa dijadikan tempat rekreasi dan pariwisata,” ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan apabila pohon mangrove berkembang dengan baik sesuai harapan, ini tentunya sangat menguntungkan masyarakat setempat.

“Kalau bertumbuh dengan baik, nanti dalam hamparan pohon mangrove akan berkembangbiak binatang laut, seperti kepiting dan udang,” jelasnya.

Aksi sosial tersebut juga dihadiri oleh staf Kelurahan Kota Ndora dan masyarakat setempat. Kegiatan selesai pada jam 10.20 Wita dan berjalan dengan tertib, lancar dan aman. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top