Banner-Top
Banner-Top

Terlalu, Pelajar di Matim ini Dipulangkan Gurunya saat Ujian

Aurel. Foto/Tim.
Aurel. Foto/Tim.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Faktor ekonomi keluarga yang tidak stabil sebabkan Yohana Aurel, pelajar SDK Jawang (Sekolah Dasar Katolik) di Desa Golo Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, dipulangkan dari sekolah oleh gurunya.

Yohana dipulangkan lantaran belum melunasi uang komite sekolah senilai Rp.300.000,00 (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Padahal saat itu Yohana hendak mengikuti ujian. Hal itu diakui Ibunda Yohana, Daria.

“Anak saya dilarang untuk mengikuti ujian karena belum membayar uang komite senilai Rp.300.000,00,” kata Daria.

Daria mengaku kecewa atas sikap guru yang sudah memulangkan anakknya. Menurutnya pihak sekolah seharusnya mencarikan solusi yang baik. Bukan dengan cara memulangkan siswa pada saat ujian.

“Sebegai orangtua Yohana, saya sangat menyayangkan hal ini terjadi. Kami mampu membayar uang sekolah tapi dikarenakan saat ini suami saya kesulitan mendapatkan pekerjaan akibat Covid-19,” ucapnya.

Daria mengaku kecewa atas sikap guru yang mengambil keputusan sepihak dengan tidak mengijinkan anaknya ikut ujian.

“Uang sekolah tanggung jawab orangtua. Jangan korbankan anak-anak, kasian dia, semangat belajarnya akan menurun jika diberlakukan seperti ini,” ujarnya.

Menanggapi peristiwa tersebut, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO), Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto geram.

“Dana komite itu tidak dipaksakan, kenapa sampai siswa dikorbankan seperti itu. Hal ini sudah tidak benar lagi,” kata Teto.

Teto menjelaskan, pihaknya segera memanggil Kepala Sekolah SDK Jawang terkait hal tersebut.

“Saya akan panggil Kepala Sekolahnya untuk bertanggungjawab akan hal ini. Anak-anak tidak boleh jadi korban karena uang komite. Dana Komite itu tidak boleh sampai membuat siswa menjadi korban,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Sekolah Dasar Katolik (SDK Jawang) belum dikonfirmasi atas peristiwa tersebut. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top