Tes Online bagi Calon Panwascam di Manggarai

Lokasi tes online bagi calon panwascam. Foto/Isno.

Oleh: Valery Isno

 

RUTENG, POSFLORES.COMDalam rangka menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 mendatang, Bawaslu Kabupaten Manggarai, NTT, menggelar tes tertulis secara online bagi peserta calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Tes online tersebut berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Santu Petrus Ruteng, pada Jumaat (13/12/19), diikuti 171 peserta calon anggota Panwascam.

Pada sesi pertama diikuti oleh 30 peserta dari 3 kecamatan di Kabupaten Manggarai, di antaranya 11 orang dari Kecamatan Satarmese Barat, 8 orang dari Kecamatan Reok Barat, dan 11 orang dari Kecamatan Satarmese.

Sementara untuk sesi kedua dijadwalkan pada pukul 10.00 Wita dengan rincian Kecamatan Satarmese, Reok, dan Cibal, Selanjutnya untuk sesi ketiga yakni Kecamatan Cibal Barat, Satarmese, dan Lelak.

Dalam sambutannya, Kordiv SDM yang juga Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Marselina Lorensia, menegaskan bahwa tes online dilakukan secara terbuka untuk memberikan peluang serta kesempatan yang sama kepada peserta tes untuk menjadi anggota Panwascam.

Tes ini dilakukan secara online. Setelah mengerjakan soal tes online, peserta tes langsung mengetahui berapa jumlah soal yang dikerjakan benar dan berapa yang salah. Jadi peluang bagi peserta tes sama dan prosesnya transparan,” terang Marselina.

Dikatakan Marselina, sebelum pelaksanaan tes, Pokja Bawaslu Kabupaten Manggarai sudah tiba di lokasi tes dua jam sebelum pelaksanaan.

Selain itu Pokja juga menyiapkan kebutuhan pelaksanaan tes diantaranya adalah memastikan sarana dan prasarana serta kelengkapan administrasi peserta tes,” tuturnya.

Marselina mengatakan bahwa pihaknya akan menjelaskan pelaksanaan tes online, membacakan tata tertib, setelah itu peserta tes mengerjakan soal tes uji coba dan kemudian tes online dilaksanakan tepat pukul 09:00 Witta.

Pada kesempatan itu Marselina juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan penuh SMK Informatika St. Petrus Ruteng, kesiapan panitia Bawaslu Kabupaten Manggarai serta Bawaslu Provinsi NTT.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penanganan Sengketa Bawaslu Kabupaten Manggarai, Fortunatus Hamsah Manah, mengatakan mekanisme tes online bagi calon anggota panwascam dirancang untuk melahirkan panwascam yang berintegritas, sebab itu prosesnya pun harus berintegritas pula.

Seiring dengan kemajuan teknologi, panwascam dituntut untuk ramah teknologi, apalagi mekanisme pelaporan panwascam semua berbasis aplikasi agar dapat dilaporkan secara cepat, di antaranya mampu mengisi SIWASLU, respon cepat atas banyaknya laporan, terampil mengisi form A hasil pengawasan, form B dan alat kerja lainnya,” ujar Hamsah Amanah.

Sebab, gambaran kerja Panwascam tersebut, lanjut Hamsah, selain untuk menuntut integritas yang tinggi, juga untuk menciptakan kemampuan yang profesional bagi pengawas pemilihan sesuai dengan tuntunan zaman.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pengawasan tes tertulis online tersebut yakni, tim supervisi dari Bawaslu NTT Agus Tanggurame dan Agus Salim, serta Kordiv PHL Bawaslu Manggarai Herybertus Harun.(*)

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0