Banner-Top
Banner-Top

THM di Cepi Watu Belum Kantongi Izin, Tiga Pimpinan OPD Matim Angkat Bicara

Ilustrasi Tempat hiburan. Foto/Ist.
Ilustrasi Tempat hiburan. Foto/Ist.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COMTiga Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Manggarai Timur angkat bicara terkait izin lokasi dan izin usaha yang hingga saat ini belum dikantongi oleh para pengelola THM (Tempat HIburan Malam) di Cepi Watu, Kecamatan Borong.

Padahal, pada tanggal 22 Oktober 2020 Dinas PMPTSP turun ke setiap tempat hiburan malam tersebut untuk mensosialisasikan syarat dan tahapan dalam mengurus izin lingkungan dan izin usaha.

Donatus Datur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD), mengatakan secara prosedural pihaknya akan mengeluarkan izin lingkungan apabilah sudah ada izin tata ruang dari Dinas PUPR.

“Saya tidak berani mengeluarkan izin lingkungan kalau dari Dinas PUPR belum mengeluarkan izin tata ruang terkait keberadaan THM di Cepi Watu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Yos Marto mengaku jika sepanjang tahun 2020 belum ada pihak pengelola THM di Cepi Watu datang untuk mengurus izin terkait tata ruang.

“Kalau tahun 2019 ada yang datang urus izin, tetapi berkasnya kurang lengkap sehingga tidak dilanjutkan. Dan sepanjang tahun 2020 belum ada yang datang urus izin,” katanya.

Sebelumya, pada Rabu 16 Februari 2021, kepada posflores.com Kepala Dinas PMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu m) Abubakar mengatakan kalau pihaknya sudah lakukan sosialisasi syarat dan tahapan dalam mengurus izin kepada para pengelola.

“Waktu itu ( 22 Oktober 2020) kami bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Sat Pol PP, aparat Kepolisian dari Polsek Borong dan TNI dari Koramil 1612-04/Borong turun ke lokasi untuk melakukan pemantuan. Pada kesempatan itu, kami (PMPTSP) melakukan sosialisasi terkait kepengurusan izin,” kata Abubakar.

Lebih lanjut Abubakar mengungkapkan, sebelum memperoleh izin usaha dari PMPTSP, harus ada beberapa izin yang harus dipenuhi oleh para pengelola THM di Cepi Watu. Dan semua itu sudah dijelaskan pada tahun lalu.

“Kalau sudah ada izin tata ruang dari Dinas PUPR dan izin lingkungan dari DLHD dan persyaratan lainnya, tentunya kami akan memproses izin usaha,” ucapnya. (Ando)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top