Banner-Top
Banner-Top

Tiga Suster Asal Manggarai Timur Ikral Kaul Kekal di Italia

Para Suster saat ikral Kaul Kekal. Foto/Sr. Memik.
Para Suster saat ikral Kaul Kekal. Foto/Sr. Memik.

(Oleh: Sr. Maria Helmina Jeniu. Tinggal di Napoli, Italia)

NAPOLI, POSFLORES.COM--Kongregasi Suster-Suster Para Pelayan Hati Kudus dari Santa Katerina Volpicelli sedang mengalami sukacita yang tak terhingga. Pasalnya lima (5) orang Suster dari Kongregasi tersebut pada hari Sabtu 12 September 2020 mengikrarkan kaul kekal mereka dan menjadi anggota sah dalam kongregasi tersebut.

Hal yang tak kalah menggembirakan adalah, dari kelima Suster tersebut, tiga orang berasal dari Indonesia. Tiga Suster tersebut berasal dari Kampung Toka, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Momen indah ini terjadi di Kota Napoli Italia Selatan di rumah induk.
Kongregasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1867 oleh Santa Katerina Volpicelli di Kota Napoli.

Pada perarakan masuk, para Suster Yubilaris maju dengan pelan menghadap Altar Tuhan didampingi oleh pimpinan jendral Madre Anna Diana dan suster pembing selama masa formasi.

Misa kudus pada perayaan tersebut dipimpin oleh Monsinyur Orazio Francescopiazza (sebagai Uskup di Sessa-Arunca). Sebagai Conselebran utama yakni Monsinyur Ferdinando Panico (uskup dari Brasil tempat asal dari kedua suster yang berkaul kekal dan juga pastor Conselebran).

Di antara para Pastor tersebut, ada pastor-pastor dari Indonesia, baik yang sedang melanjutkan studi di Roma maupun yang sudah berkarya di Italia.

Perayaan Ekaristi kudus ini berlangsung jam 17:30 waktu setempat di Gereja Santa Katerina Volpicelli di samping Rumah Induk Kongregasi Para Pelayan Hati Kudus.

Karya pelayanan mereka didedikasikan untuk menyebarkan devosi khusus kepada Hati Kudus Yesus, pelayanan kaum muda, di bidang pendidikan dan karya-karya amal lainya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Selain di Italia kongregasi ini juga tersebar di beberapa negara antara lain: Brasil, Panama dan Indonesia. Untuk di Indonesia mereka hadir di kota Borong Kabupaten Manggarai Timur.

Turut hadir dalam perayaan Ekaristi Kudus tersebut para biarawan biarawati Indonesia yang berkarya di berbagai
kongregasi di kota Napoli dan sekitarnya. Hadir pula biarawan biarawati dari berbagai negara serta ratusan umat lainya yang ingin menyaksikan dari dekat ritus upacara kaul kekal ini.

Berikut nama-nama kelima suster tersebut:

  1. Suster Yasinta yunita Amul dari Toka paroki santu Emilianus Hieronimus Jawang (Matim)
  2. Suster Agnesia Elin dari Toka paroki santu Emilianus Hieronimus Jawang (Matim)
  3. Suster Lusiana Elan dari Toka paroki santu Emilianus Hieronimus Jawang (Matim)
  4. Suster Lediana Santos Alencar dari Brasil
  5. Suster MariaLucia de Morais Salviano dari Brasil. (*)

Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top