Utusan Warga Tiga Desa di Matim Temui Bupati Agas

Borong, Posflores.com – Utusan warga dari Desa Golo Ros, Bangka Masa dan Sano Lokom, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur menemui, Bupati Andreas Agas, di ruang kerjanya, Senin (3/8/2020). Tujuan kedatangan mereka untuk menyampaikan laporan terkait Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Wae Musur, yang selama ini mengalami kerusakan dan sudah diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Adrianus Jemadur, tokoh masyarakat Desa Sano Lokom, menjelaskan, berdasarkan inisiatif masyarakat, PLTA yang tidak beroperasi selama setahun lebih ini, sudah diperbaiki.

“Kondisi PLTA sudah baik kembali, dan sumber dananya dari keterlibatan swadaya masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, aset yang mereka kelola selama ini sudah berfungsi dan dimanfaatkan 700 lebih pelanggan dari keempat desa, sejak bulan april 2020.

“Yang merasakan manfaatnya selama ini yakni warga Desa Golo Ros, Bangka Masa, Sano Lokom dan Rondo Woi (Dusun Colo),” katanya.

Ia berharap, aset ini bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dibentuk pada tahun 2019.

Sementara itu, Bupati Andreas Agas, yang didampingi Wakil Bupati, Stefanus Jagur, meminta warga segera mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk diproses lebih lanjut, sehingga PLTA Wae Musur dapat beroperasi kembali.

“Nanti aset ini akan diserahkan pada badan usaha milik bersama beberapa desa penerima manfaat untuk dikelola dan dilestarikan,” ungkap Agas. (man)

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

News Feed