Banner-Top
Banner-Top

Warga Desa Ruan Pertanyakan Bansos Kabupaten

Kades Jangga saat bagikan BLT. Foto/Ando.
Kades Jangga saat bagikan BLT. Foto/Ando.

BORONG, POSFLORES.COMWarga Desa Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur yang tidak terakomodir sebagai sasaran penerima BLT mempertanyakan BANSOS yang bersumber dari APBD.

Menurut salah satu warga yang enggan namanya dipublikasikan mengatakan bahwa, pada bulan Mei kali lalu Kades Ruan, akan menyerahkan nama-nama warga yang tidak terakomodir tersebut untuk diajukan ke Pemda Matim agar mendapatkan Bansos Kabupaten.

“Waktu itu setelah pembagian BLT tahap pertama, katanya nama 176 Kepala Keluarga yang tidak terakomodir sudah diusulkan ke tingkat kabupaten untuk menerima BANSOS dari APBD. Tetapi mengapa sampai sekarang belum disalurkan juga,” ucap dia kepada posflores.com, Rabu, 8 Juli 2020.

Sementara itu Kepala Desa Ruan, Sebastianus Jangga, kepada posflores.com menjelaskan bahwa KK yang tidak terakomodir BLT DD akan memperoleh bansos Kabupaten dan Provinsi.

“Yang menerima BLT sebanyak 256 KK. Lalu setelah penerimaan BLT tahap pertama, kami langsung masukan 176 nama KK yang tidak terakomodir BLT DD ke tingkat kabupaten. Kemudian berdasarkan informasi yang kami peroleh dari kabupaten baru-baru ini, KK yang tidak terakomodir BLT akan memperoleh Bansos Provinsi. Tetapi ada beberapa KK dinyatakan tidak lolos verifikasi karena tidak memiliki identitas lengkap seperti KTP dan NIK,” jelas Jangga di sela-sela pembagian BLT DD tahap dua.

Lebih lanjut Jangga menerangkan, pencairan dan penyaluran dana bansos untuk KK yang tidak terakomodir BLT DD  ini masih menunggu informasi lanjutan dari tingkat kabupaten, melalui dinas terkait.

“Pencairan dan penyaluran bansos masih menunggu informasi dari dinsos. Lalu untuk beberapa KK yang tidak lolos verifikasi bansos provinsi akan memperoleh bansos APBD Kabupaten. Sampai sekarang pun Dinsos Kabupaten masih meminta data-data tambahan untuk KK yang tidak terakomodir,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur, Wilhelmus Deo, menerangkan bahwa untuk desa yang bersangkutan hanya 156 KK yang diakomodir oleh Bansos Provinsi.

“Waktu itu Desa Ruan mngusulkan 176 KK. Yang lolos verifikasi dan memperoleh Bansos Provinsi hanya 156 KK, sedangkan 20 KK lainya terjadi kesalahan pada nomor NIK sehingga tidak terdata sebagai penerima bansos provinsi. Meskipun demikian, saya pastikan mereka juga akan memperoleh bansos ABPD murni kabupaten,” kata Deo. [Marselino Ando]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top