Banner-Top
Banner-Top

Wartawan Berita Satu di Ruteng, Polisikan Dua Akun Facebook

Wili Garsias (baju batik), di Polres Manggarai. Foto/Event.
Wili Garsias (baju batik), di Polres Manggarai. Foto/Event.

RUTENG, POSFLORES.COMWartawan Beritasatu.com media holding, Wilibrodus Grasias, didampingi kuasa hukum Yeremias Odin SH, dari Lembaga Bantuan Hukum Manggarai Raya dan beberapa rekan wartawan mengadukan dua akun facebook atas nama Donatus Nadur (DN) dan Nara Reba Ngoke (NRN) ke Polres Manggarai pada Selasa, 12/5/2020, sekitar pukul 16.00 Wita.

Kedua akun facebook tersebut diadukan ke Polres Manggarai karena diduga telah mendistribusikan tulisan berjudul “WARTAWAN HAMBA UANG” yang mengandung muatan penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap wartawan Beritasatu.com media holding, Wilibrodus Grasias.

Kepada posflores.com Willi Grasias megatakan bahwa dirinya disebut secara jelas dan tegas dalam tulisan tersebut. Padahal dirinya sama sekali tidak menulis berita sebagaimana dimaksud dalam tulisan tersebut.

Akibat dari postingan tersebut menurut wartawan Beritasatu.com itu, dirinya merasa sangat terpukul, terhina dan bahkan sangat memalukan.

“Akibat dari postingan tersebut saya merasa sangat terpukul, terhina dan sangat malu, baik terhadap keluarga maupun terhadap masyarakat di sekitar,” ungkapnya.

Dikatakan Wili, dengan sangat terpaksa dirinya selaku pihak pengadu, mengadukan dua akun facebook tersebut ke Polres Manggarai atas dugaan tindakan pidana pencemaran nama baik, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 jo Pasal 45 Ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016. Dalam Pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 itu menjelaska bahwa, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik.

Kemudia dalam Pasal 45 Ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016, juga menjelaskan bahwa, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatam penghinaan dan atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/ atau denda paling banyak RP 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Pengaduan yang telah dilayangkan Wili Garsias, sudah secara resmi diterima oleh Bayanmas SPKT Polres Manggarai BRIGPOL Christiyanto Arson Noni. [Event Mardivanto]

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top