Banner-Top
Banner-Top

Waspada! Kasus Covid-19 di Manggarai Timur Meningkat

Ilustrasi Virus Covid-19. Foto/Ist.
Ilustrasi Virus Covid-19. Foto/Ist.

MANGGARAI TIMUR, POSFLORES.COM Kasus pasien terpapar Covid-19 di Manggarai Timur melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir.

Meningkatnya kasus Covid-19 awal bulan ini diduga akibat masuknya Covid Varian Delta, karena penularannya sangat cepat dan masif. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, Ani Agas.

“Dugaan sementara kasus ini melonjak akibat masuknya Covid Varian Delta. Makanya terjadi lonjakan dengan angka tertinggi dari sebelumnya,” kata Ani yang hari ini dilantik sebagai Sekeretaris Dinkes Matim.

Ani mengatakan soal kasus Covid-19 yang terjadi di Desa Mosi Ngaran, Kecamatan Elar Selatan berawal dari orang yang pulang kegiatan di Bajawa, Kabupaten Ngada.

“Wajar kalau dalam satu desa sampai 100 orang yang menular karena penyebaran virus ini sangat cepat dan masif,” katanya.

Menurut Ani, peningkatan kasus Covid-19 awal bulan ini sangat tinggi dan tidak memandang usia.

“Kalau selama ini, kebanyakan masyarakat mengatakan bahwa yang terinveksi Covid hanyalah orang tua. Akan tetapi, secara tegas saya mengatakan bahwa penyakit ini mudah menular kepada siapa pun,” paparnya.

Ani menambahkan, pada hari ini (5/7) ada satu pasien terpapar Covid-19 di Matim yang meninggal dunia.

“Hari ini seorang Guru meninggal karena Covid-19,” tutupnya.

Untuk diketahui, Virus Corona Varian Delta atau B.1.617.2 (penamaan dari WHO) kini menjadi varian yang dominan dan menarik perhatian dunia. Varian ini memiliki kemampuan lebih menular dan memicu pasien yang terinfeksi mengalami gejala yang parah. Parahnya lagi, Varian Delta diindikasi dapat menular melalui kontak dengan durasi sekitar 5-10 detik saja.

Varian Delta mirip dengan gejala terinfeksi virus corona yang kita ketahui selama ini. Akan tetapi, Varian Delta membuat gejala-gejala tersebut menjadi lebih parah dan lebih sulit ditangani oleh tim medis.

Berikut gejala terpapar Virus Corona Varian Delta;

– Sakit Perut

– Hilangnya selera makan

– Muntah Mual

– Nyeri sendi

– Gangguan pendengaran

Ayo jaga diri anda dan keluarga, patuhi protkol kesehatan. (Yunt)

Facebook Comments
Banner-Top
Terkait lainnya
Banner-Top