Waspada Virus Corona, Pemdes di Matim lakukan Sosialisasi kepada Warga

0
502 views
Pemdes Bangka Kantar sosialisasi bahaya Covid-19. Foto/Silvester.

BORONG, POSFLORES.COMPemerintah Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, lakukan sosialisasi kepada masyarakat desa terkait bahaya Virus Corona (covid-19). Kegiatan itu dimulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.10 witta.

Kepala Desa bersama aparat desa memberikan sosialisasi di empat anak kampung yang ada di Desa Bangka Kantar, yakni Kampung Mondo, Longko, Lodos, dan Kampung Jengok.

Dalam melakukan sosialisasi, Pemdes Bangka Kantar meminta masyarakat agar selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau dengan hand zanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau ditempat umum.

Pemdes Bangka Kantar juga menghimbau untuk selalu menggunakan masker bila batuk atau pilek. Selalu olah raga secara rutin dan teratur serta istirahat yang secukupnya. Selanjutnya Pemdes Bangka Kantar juga menghimbau agar tidak bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung.

Warga juga diminta untuk perbanyak mengonsumsi sayuran dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat. Untuk warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas diminta agar segera ke Poskesdes Bangka Kantar dan berkoordinasi dengan Pemdes untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Dalam kegiatan tersebut, Pemdes Bangka Kantar juga melarang warganya untuk sementara waktu tidak melaksanakan kegiatan sosial budaya yang direncanakan dengan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Warga juga dilarang melakukan kegiatan perjudian yang mengumpulkan massa seperti judi kartu, ludo king dan lain sebagainya serta dilarang untuk nongkrong atau parkir di emperan kios lebih dari 2 orang.

Selanjutnya, selama wabah virus corona, Pemdes Bangka Kantar meminta agar segera melaporkan warga yang masuk ke desa Bangka Kantar seperti orang yang baru pulang dari daerah terindikasi positif covid-19. Bukan hanya larangan untuk warga desa, Pemdes juga melarang orang yang tidak memiliki identitas jelas. Selain itu,  petugas yang menagih hutangpun tidak boleh masuk ke desa sebelum melakukan koordinasi dengan pemerintah desa.

Silvester Mediator Rawan, selaku Kapala Desa Bangka Kantar mengatakan bahwa, sosialisasi tersebut adalah kegiatan awal pemerintah desa untuk menghimbau masyarakat agar selalu waspada dengan virus corona.

‚ÄúPemerintah desa akan terus bersama masyarakat dalam memerangi virus ini dan juga kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh pemdes setelah paskah, adalah membagikan masker, sabun pencuci tangan (hand zanitizer) dari rumah ke rumah yang ada di desa bangka kantar,” kata Silvester. [Ignas Tulus]

Facebook Comments

Share and Enjoy !

0Shares
0 0